Buku Marno dan Idris Strategi Metode dan Teknik Mengajar |
Judul : Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar
Penulis : Marno dan M. Idris
Penerbit : Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Cetakan ke 1 tahun 2014
Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu
pembelajaran, salah satu yang terpenting adalah guru. K.H. Hasan Abdullah Sahal
(salah satu pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor) menegaskan, “at-thariqah
ahammu mina-l-maddah, wa al-mudarris ahammu mina-t-thariqah, wa ruhu-l-mudarris
ahammu mina-l-mudarris nafsihi”. Maksud dari pernyataan tersebut kurang
lebih sebagai berikut: materi itu penting, namun metode lebih penting dari
materi. Metode itu penting, namun guru lebih penting dari metode. Guru itu
penting, namun jiwa/karakter guru jauh lebih penting dari guru itu sendiri. Pernyataan
tersebut menegaskan bahwasanya seorang guru haruslah profesional dalam
menjalankan profesinya.
Guru memang mengemban tugas yang bisa dikatakan sangat
berat, namun dalam lembaga persekolahan, tugas utama guru yaitu mengajarkan berbagai
ilmu kepada peserta didiknya dengan harapan ilmu tersebut dapat menjadi bekal
di kemudian hari serta dapat bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang
lain. Selain mengajar, guru juga diberi tugas untuk mendidik peserta didik agar
mereka memiliki budi pekerti luhur, berakhlakul karimah, serta menjadi manusia
yang mengerti bagaimana seharusnya mereka memanfaatkan ilmu yang telah
diperolehnya. Guru yang mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik bisa
dikatakan dengan guru yang profesional.
Guru bisa dikatakan profesional jika dirinya memiliki
ilmu pengetahuan yang cukup, kredibilitas moral, dedikasi dalam menjalankan
tugas, kematangan jiwa (kedewasaan), memiliki ketrampilan mengajar yang baik,
dan mampu membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar dan meraih
kesuksesan. Dengan keprofesionalan tersebut, diharapkan guru mampu menjalankan
tugasnya sebagai pendidik dan pengajar yang baik, mulai dari perencanaan
program pembelajaran, mampu memberikan keteladanan dalam banyak hal, kemampuan
untuk menggerakkan etos anak didik, sampai pada evaluasi.
Buku “Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar” adalah
jawaban untuk guru yang menginginkan atau meningkatkan keprofesionalan dalam
menjalankan tugasnya. Di dalamnya terdapat bacaan tentang hakikat guru, apa
kedudukan dan tugas guru, bagaimana guru menjadi teladan yang baik, dan
bagaimana beretika dalam mengajar, serta dipaparkan bagaimana cara mengajar
yang baik dan tepat sesuai metode dan strateginya, mulai dari cara membuka
pelajaran, menjelaskan, bertanya, memberikan penguatan, sampai menutup
pelajaran.
Diperlukan teknik yang baik dan sesuai ketika membuka
pelajaran, karena hal ini dapat mempengaruhi perilaku siswa dalam mengikuti
pelajaran. Jika di awal siswa sudah tertarik dengan materi yang diajarkan, maka
mereka akan semangat dalam mengikuti pelajaran tersebut, begitu sebaliknya.
Karenanya, diperlukan teknik yang menarik agar siswa terus bersemangat dalam
mempelajari sesuatu. Begitu juga ketika menjelaskan pelajaran, bertanya,
memberikan penguatan, maupun menutup pelajaran harus menggunakan metode atau
teknik yang sesuai agar siswa antusias ketika pembelajaran serta mudah menerima
pelajaran yang disampaikan dengan baik.
Buku ini hadir
untuk membantu guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Buku ini
juga memuat beberapa metode pembelajaran yang efektif yang bisa membuat peserta
didik aktif dalam belajar di kelas. Karena itu, buku ini bisa dijadikan pedoman
atau panduan bagi guru ataupun calon guru yang ingin menjadi guru profesional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar