Kamis, 29 September 2016

Menjadi Guru Profesional

Buku Marno dan Idris Strategi Metode dan Teknik Mengajar


Judul : Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar
Penulis : Marno dan M. Idris
Penerbit : Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Cetakan ke 1 tahun 2014

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran, salah satu yang terpenting adalah guru. K.H. Hasan Abdullah Sahal (salah satu pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor) menegaskan, “at-thariqah ahammu mina-l-maddah, wa al-mudarris ahammu mina-t-thariqah, wa ruhu-l-mudarris ahammu mina-l-mudarris nafsihi”. Maksud dari pernyataan tersebut kurang lebih sebagai berikut: materi itu penting, namun metode lebih penting dari materi. Metode itu penting, namun guru lebih penting dari metode. Guru itu penting, namun jiwa/karakter guru jauh lebih penting dari guru itu sendiri. Pernyataan tersebut menegaskan bahwasanya seorang guru haruslah profesional dalam menjalankan profesinya. 

Guru memang mengemban tugas yang bisa dikatakan sangat berat, namun dalam lembaga persekolahan, tugas utama guru yaitu mengajarkan berbagai ilmu kepada peserta didiknya dengan harapan ilmu tersebut dapat menjadi bekal di kemudian hari serta dapat bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Selain mengajar, guru juga diberi tugas untuk mendidik peserta didik agar mereka memiliki budi pekerti luhur, berakhlakul karimah, serta menjadi manusia yang mengerti bagaimana seharusnya mereka memanfaatkan ilmu yang telah diperolehnya. Guru yang mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik bisa dikatakan dengan guru yang profesional.
Guru bisa dikatakan profesional jika dirinya memiliki ilmu pengetahuan yang cukup, kredibilitas moral, dedikasi dalam menjalankan tugas, kematangan jiwa (kedewasaan), memiliki ketrampilan mengajar yang baik, dan mampu membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar dan meraih kesuksesan. Dengan keprofesionalan tersebut, diharapkan guru mampu menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar yang baik, mulai dari perencanaan program pembelajaran, mampu memberikan keteladanan dalam banyak hal, kemampuan untuk menggerakkan etos anak didik, sampai pada evaluasi.
Buku “Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar” adalah jawaban untuk guru yang menginginkan atau meningkatkan keprofesionalan dalam menjalankan tugasnya. Di dalamnya terdapat bacaan tentang hakikat guru, apa kedudukan dan tugas guru, bagaimana guru menjadi teladan yang baik, dan bagaimana beretika dalam mengajar, serta dipaparkan bagaimana cara mengajar yang baik dan tepat sesuai metode dan strateginya, mulai dari cara membuka pelajaran, menjelaskan, bertanya, memberikan penguatan, sampai menutup pelajaran.
Diperlukan teknik yang baik dan sesuai ketika membuka pelajaran, karena hal ini dapat mempengaruhi perilaku siswa dalam mengikuti pelajaran. Jika di awal siswa sudah tertarik dengan materi yang diajarkan, maka mereka akan semangat dalam mengikuti pelajaran tersebut, begitu sebaliknya. Karenanya, diperlukan teknik yang menarik agar siswa terus bersemangat dalam mempelajari sesuatu. Begitu juga ketika menjelaskan pelajaran, bertanya, memberikan penguatan, maupun menutup pelajaran harus menggunakan metode atau teknik yang sesuai agar siswa antusias ketika pembelajaran serta mudah menerima pelajaran yang disampaikan dengan baik.
 Buku ini hadir untuk membantu guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Buku ini juga memuat beberapa metode pembelajaran yang efektif yang bisa membuat peserta didik aktif dalam belajar di kelas. Karena itu, buku ini bisa dijadikan pedoman atau panduan bagi guru ataupun calon guru yang ingin menjadi guru profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Like Me :)

Menjadi Guru Profesional

Buku Marno dan Idris Strategi Metode dan Teknik Mengajar


Judul : Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar
Penulis : Marno dan M. Idris
Penerbit : Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Cetakan ke 1 tahun 2014

Ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran, salah satu yang terpenting adalah guru. K.H. Hasan Abdullah Sahal (salah satu pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor) menegaskan, “at-thariqah ahammu mina-l-maddah, wa al-mudarris ahammu mina-t-thariqah, wa ruhu-l-mudarris ahammu mina-l-mudarris nafsihi”. Maksud dari pernyataan tersebut kurang lebih sebagai berikut: materi itu penting, namun metode lebih penting dari materi. Metode itu penting, namun guru lebih penting dari metode. Guru itu penting, namun jiwa/karakter guru jauh lebih penting dari guru itu sendiri. Pernyataan tersebut menegaskan bahwasanya seorang guru haruslah profesional dalam menjalankan profesinya. 

Guru memang mengemban tugas yang bisa dikatakan sangat berat, namun dalam lembaga persekolahan, tugas utama guru yaitu mengajarkan berbagai ilmu kepada peserta didiknya dengan harapan ilmu tersebut dapat menjadi bekal di kemudian hari serta dapat bermanfaat baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Selain mengajar, guru juga diberi tugas untuk mendidik peserta didik agar mereka memiliki budi pekerti luhur, berakhlakul karimah, serta menjadi manusia yang mengerti bagaimana seharusnya mereka memanfaatkan ilmu yang telah diperolehnya. Guru yang mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik bisa dikatakan dengan guru yang profesional.
Guru bisa dikatakan profesional jika dirinya memiliki ilmu pengetahuan yang cukup, kredibilitas moral, dedikasi dalam menjalankan tugas, kematangan jiwa (kedewasaan), memiliki ketrampilan mengajar yang baik, dan mampu membangkitkan motivasi peserta didik dalam belajar dan meraih kesuksesan. Dengan keprofesionalan tersebut, diharapkan guru mampu menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar yang baik, mulai dari perencanaan program pembelajaran, mampu memberikan keteladanan dalam banyak hal, kemampuan untuk menggerakkan etos anak didik, sampai pada evaluasi.
Buku “Strategi, Metode, dan Teknik Mengajar” adalah jawaban untuk guru yang menginginkan atau meningkatkan keprofesionalan dalam menjalankan tugasnya. Di dalamnya terdapat bacaan tentang hakikat guru, apa kedudukan dan tugas guru, bagaimana guru menjadi teladan yang baik, dan bagaimana beretika dalam mengajar, serta dipaparkan bagaimana cara mengajar yang baik dan tepat sesuai metode dan strateginya, mulai dari cara membuka pelajaran, menjelaskan, bertanya, memberikan penguatan, sampai menutup pelajaran.
Diperlukan teknik yang baik dan sesuai ketika membuka pelajaran, karena hal ini dapat mempengaruhi perilaku siswa dalam mengikuti pelajaran. Jika di awal siswa sudah tertarik dengan materi yang diajarkan, maka mereka akan semangat dalam mengikuti pelajaran tersebut, begitu sebaliknya. Karenanya, diperlukan teknik yang menarik agar siswa terus bersemangat dalam mempelajari sesuatu. Begitu juga ketika menjelaskan pelajaran, bertanya, memberikan penguatan, maupun menutup pelajaran harus menggunakan metode atau teknik yang sesuai agar siswa antusias ketika pembelajaran serta mudah menerima pelajaran yang disampaikan dengan baik.
 Buku ini hadir untuk membantu guru dalam menjalankan tugasnya secara profesional. Buku ini juga memuat beberapa metode pembelajaran yang efektif yang bisa membuat peserta didik aktif dalam belajar di kelas. Karena itu, buku ini bisa dijadikan pedoman atau panduan bagi guru ataupun calon guru yang ingin menjadi guru profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Design by W-Blog